Blogger news

Minggu, 20 April 2014

Audit Going concern


Muh. Fachruddin, Akuntansi , FE-UMI
Audit Going concern
Menurut Wikipedia
Going concern atau kelangsungan usaha adalah prinsip dasar dalam penyusunan laporan keuangan. Selain itu Going Concern adalah dimana entitas (perusahaan) biasanya dilihat sebagai berkelanjutan dalam bisnis di masa mendatang.
Dimana pentingnya perusahaan melakukan perlunya likuidasi, penghentian perdagangan atau mencari perlindungan dari kreditur sesuai dengan undang-undang atau peraturan untuk menjaga supaya tetap going concern.
Going Concern berdasar laporan dari sisi auditor
Kita sebenarnya tahu, bahwa tugas auditor yang paling kunci adalah memeriksa dan mengevaluasi atas laporan keuangan disertai bukti yang otentik baik dari sisi internal maupun eksternal serta memberikan opini terhadap hasil pemeriksaan tersebut.
Dalam hubungannya dengan going concern auditor mengevaluasi kemampuan perusahaan untuk melajutkan kelangsungan hidup untuk jangka waktu tidak lebih dari satu tahun setelah tanggal laporan keuangan  yang diaudit.
Hal yang perlu dipertimbangkan oleh seorang auditor dalam mengevaluasi laporan keuangan entitas untuk mengetahui tingkat adanya going concern adalah :
a.       Auditor mempertimbangkan barang-barang seperti tren negatif dalam hasil operasi, kredit macet, penolakan kredit perdagangan dari pemasok ekonomis komitmen jangka panjang, dan proses hukum dalam memutuskan jika ada keraguan substansiol atas kemampuan entitas untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan.
Jika auditor yakin ada keraguan substansial tentang kemampuan perusahaan untuk melanjutkan kelangsungan hidup untuk jangka waktu yang wajar, ia harus memperoleh informasi tentang  rencana manajemen yang dimaksudkan untuk mengurangi dampak dari kondisi atau peristowa dan menilai kemungkinan bahwa rencana tersebut dapat dilaksanakan secara efektif.
b.      Auditor memberikan pedoman dalam menyediakan kerangka kerja untuk membantu direksi, komite audit dan tim keuangan apakah sesuai untuk mengadopsi dasar kelangsungan usaha dalam penyusunan laporan keuangan dan dalam membuat pengungkapan yang seimbang, proporsional dan jelas. ...... lengkapnya klik..
http://adf.ly/kTnIb


Tidak ada komentar:

Posting Komentar