Blogger news

Minggu, 20 April 2014

SISTEM PERHITUNGAN BERDASARKAN PESANAN ( JOB ORDER COSTING )


SISTEM PERHITUNGAN BERDASARKAN PESANAN ( JOB ORDER COSTING )
Dalam sistem perhitungan biaya berdasarkan pesana ( job order costing atau job costing ), biaya produksi dikumulasikan untuk setiap pesanan ( job ) yang terpisah . Suatu pesanan adalah output yang diidentifikasikan untuk memenuhi pesanan pelanggan tertentu atau untuk mengisi kembali suatu item persediaan. Hal ini berbeda dengan sistem perhitungan biaya berdasarkan proses , di mana biaya diakumulasikan untuk suatu operasi atau subdivisi dari perusahaan , seperti departemen.
Akunansi untuk bahan baku
Akun persediaan di buku besar untuk perlengkapan, bahan baku langsung ,dan bahan baku tidak langsung bisa saja terpsah. Praktik yang umum adalah menggunakan suatu akun buku besar berjudul Bahan Baku.
Pembelian bahan baku
Akuntansi biaya untuk pembelian bahan baku adalah sama dengan akuntansi untuk bahan baku menggunakan sistem persediaan perpetual. Saat bahan baku diterima, aku bahan baku didebit ( sedangkan pada sitem persediaan periodic, yang didebit adalah akun pembelian ) .
Penggunaan bahan baku
Bahan baku langsung untuk suatu pesanan diekluarkan ke pabrik berdasarkan bukti permintaan bahan baku ( materials requisitions ) . dokumen ini dibuat...lebih lengkanya klik
http://adf.ly/kTrCx

Tidak ada komentar:

Posting Komentar