Blogger news

Kamis, 06 Oktober 2011


“ Testimoni Tentang Padanglampe 

Assalamualaikum Wr.Wb.
Padanglampe adalah lokasi Pesantren Mahasiswa(i) UMI yang bernama Darul Mukhlisin yang Hukumnya Wajib diikuti seluruh Mahasiswa(i) UMI sebagai upaya Pencerahan Qalbu kurang lebih selama sebulan atau anggap saja sebagai Wisata Spiritual .
Disana tak ada kekerasan, kesenioritasan, penindasan ,tak ada perbedaan antar suku , Tak membedakan Fakultas ,yang hanya ada Fakultas Qalbu ( Hati ) . Kami diajarkan untuk Bersaudara Dunia dan Akhirat dalam Naungan Islami .
Hari pertama mungkin hari yang paling sulit untuk beradaptasi dengan Lingkungan, alam, suasana , dan Menu Makanan , Apalagi Saat Malam dijamain Hari Pertama susah tidur. Bayangkan saja 1 kamar ada 4 ranjang , 1 ranjang dapat ditiduri 4 orang jadi 1 kamar dihuni 12-16 orang . Tapi ternyata ada Makna yang tersirat yakni sekamar sampai 16 orang mampu melahirkan Ikatan Persaudaraan yang begitu erat.
Kalau Soal Makanan 1 Baki berempat dengan Porsi makanan yang sedkit dan Hidangan apa adanya. Makan dengan Berjamaah membaca doa sebelum dan sesudah makan yang doanya agak Panjang . Yang bertugas menyiapkan makanan harus melayani teman-teman yang lain dan Harus memuaskan . Mungkin begitu kontrass dengan kehidupan sehari-hari kita selama ini .  Tapi hal itu juga memberikan berbagi macam pelajaran yaitu, Ilmu Syukur, Ikhlas , dan Sabar tak hanya itu juga terdapat Unsur kekeluargaan dan Pendidikan Manajemen . Walaupun dengan Porsi yang Terbatas perut mampu merasakan Kenyang mungkin karena ada berkah didalamnya . Seperti yang dijelaskan Pada sebuah Hadist kalau tidak salah berbunyi : “ Makanlah secara Berjamaan dan bacalah doa sebelum dan sesudahnya maka Allah akan memberkahinya “ .
Dalam sehari Minimal Peserta Pencerahan Qalbu mengerjakan 44 rakaat dalam Shalatnya baiktu Fardhu maupun shalat sunnah  ( Subuh,Dhuhur,Ashar,Magrib,Isya,Rawatib, Ba`diyah, Lail,Tasbih,Witir,dan Dhuha ). Durasi Shalat berkisar 30 menit labih karena harus baca Wirid,dzikir dan membaca surah-surah ( Al-Mulk, An Naba, Ar Rahman, Al Waqiah , Yasin atau Yasin Fadillah ).
Kami daiajarkan Ayah dan Bunda ( Pembina ) bagaimana cara berkomunikasi langsung dengan Allah Swt dan memperbaiki kualitas ibadah , mempererat silaturrahmi a, Ukhuwah Islami , Hablum minannas dan Hablum Minallah .
Tak ada namanya Pengkaderan Fisik, Kekerasan , yang ada hanay Pengakderan Qalbu ( Hati ) . Belajar mengakui Dosa, membiasakan Tubuhuntuk bergerak dari Takbir sampai Salam , Terlatih terbangun sebelum Matahari Bangun, belajar  untuk dapat Memanaje Emosi, Nafsu , mengapresiasikan Waktu, membersihkan Kotoran-kotoran Hati yang disebabkan oleh dosa.
Membiasakan Lidah membaca dan mengucapkan ayat-ayat Al-Qur`an dan Doa . Padang Lampe memberikan bekal spiritual sebelum ke Padang Mahsyar .. hahahah. Orang yang tak pernah shalat, jarang sekali mengaji, yang dulunya Cuma Hafal 3 qul ( Al-Ikhlas, An-Nas, Al-Falaq ) , dalam tempo 3 minggu sudah bisa menghafal minimal doa –doa shalat dan 15 surah pendek , baca Alquran nya meningkat . Subhanallah .
Ada juga Ritual yang paling berkesan yaitu “ Sholat Tobat atau Sholat Khusyu’ “ . Dimana seseorang melaksanakan Sholat bukanlah Jasmani yang mengontrol gerakannya tapi Ruh dalam Qalbu yang menggerakkan tubuh shalat 2 rakaat tersebut. Kita benar-benar “Telanjang” di hadapan Allah tak ada yang ditutup-tutupi . Dalam Shalat tersebut begitu banyak Hal yang aneh merinding, kaku, gemetaran, kesakita, air mata, meraung, jatuh dll. Dosa-dosa yang tergambar di Translet Lewat gerakan Shalat tersebut yang merupakan Proses Pencucian Dosa . Singkatnya itu nerupakan “ Ritual ibadah yang berkesan dan Sakral “ dimana hidayah akan turun bagi orang-orang yang benar-benar ingin bertobat dan Khusyu . Sekuju Tubuh merinding dari Ujung Kaki ke Kepala , Serangan Spiritual yang begitu hebat menyusuri Qalbu yang paling dalam, dan semua peserta merasakan energinya .
Setiap orang mempunyai dan merasakan efek yang berbeda-beda . Evaluasi Qalbu, Instrospeksi diri seberapa banyak doas yang telh dibuat . Pesantren Darul Mukhlisin Padanglampe hanyalah Sarana agar mahasiswa mendapatkan pencerahan di Qalbunya, beriman, bertqwa kepada AllahSwt, menjadi sarjada yang cerdas Spiritual dan Emosional, sukses dunia maupun Akhirat .
Tak dapat dipungkiri mungkin perubahan setelah dari Padanglampe , ada yang bertahan cuma seminggu, tapi ada juga berubah permanen dan total. Tergantung bagaiman Mahasiswa mencernanya,menyerap, dan merekam semua bekal dan ilmu yang diberikan .
Kalau masalah atau mahluk halus Jin itu memang ada seperti yang dijelaskan dalam Al-Quran kalu mereka memang ada , tapi selama kita tiadak mengganggu mereka , mereka takkan mengganggu kita, Istilahnya Saling menghargai dan Tahu diri . Terkadang cerita-cerita orang diluar begitu “ menyeramkan , mengerikan dan  menakutkan “ di Padanglampe itu tidak benar .
Ibaratnya Padanglampe hanya memberikan petunjuk , memberikan bekal untuk melakukan perjalanan dan kita sendiri yang memutuskan ingin menggunakan Kompas Arah yang diberikan , memanfaatkan bekal tersebut atau tidak dalam perjalanan . “ Kita hanya diberikan Arah tapi kita sendirilah yang menentukan arah yang mana harus ditempuh “
Saya Pribadi tak bisa memastikan apakah sanggup berkomitmen dengan apa yang telah didapatkan dan pelajaran yang didapatkan di Padanglampe ,dan mengaplikasikannya dikehidupan sehari-hari . “ Semua buth proses dan waktutelah memberikan kebijaksanaan memberikan kesempatanuntuk Mujahadatun Nafs “
“ Air selokan yang kotor sekalipun bisa sampai menjadi air yang jernih dilautan yang luas” begitu juga dengan manusia .
“dan menghilangkan panas hati orang-orang mukmin. Dan Allah menerima taubat orang yang dikehendakiNya. Allah maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana “.  ( Q.S. At Taubah ayat 15 )

orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah dengan harta, benda dan diri mereka, adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah; dan itulah orang-orang yang mendapat kemenangan”.  ( Q.S. At Taubah ayat 20 ) 
“ Tulisan Ini hanyalah testmoni Pribadi dari pengalaman yang saya dapatkan sewaktu di Padanglampe “ dan sebagai tulisan untuk mempublikasikan Bahwa Padanglampe, Pesantren Darul Mukhlisin, Unverstias Muslim Indonesia mengajarkan Nilai Positif dan Spiritualisme yang dalam .
Assalamualaikaum Wr. Wb.

Belajar dari mereka

DARI ASTAGA KU BELAJAR !!
SELAMA BERADA DALAM LINGKUNGAN KELUARGA ASTAGA BEGITU BANYAK KARAKTER YANG BERBEDA-BEDA , DAN DARI KALIAN ADA BEGITU BANYAK HAL YANG DAPAT SAYA PELAJARI DARI KALIAN ,

• Kodrat, Habibi , dan Risky J. Dari mereka saya belajar mengeluarkan apa yang ada didalam hati, keluarkan saja ( blak-blakan ), dan mengeluarkan kata-kata sesuai dengan apa yang ada dalam hati tanpa perlu ada tekanan atau intervensi ..
• Fachry dan Ardang Dalam soal sumbang suara mereka memang jarang memberi konstribusi, tapi kalo soal Displin ( On Time ), ketelitian, kerajinan , kerapian .. mereka guru saya .
• Dilla, Mega, Risky ( Anak Brontak ) Ikatan persahabatan yang tidak mau dianggap remeh dan dikecilkan oleh orang lain dan dari mereka saya belajar untuk “ jangan mau diremehkan dan Solid “
• Fatma , Radyah, dan Tini Meraka adalah guru bagaimana caranya selalu Tersenyum dan menggegerkan suasana yang sepi , mereka mengamalkan suatu hadist yaitu “ senyum itu adalah sedekah “.
• Sartika, Ramlah, dan Meidta Cewek-cewek ini memang bisa jadi kategori anak pintar dan berparas indah, tapi mereka memberikan saya ilmu bagaimana Rendah Diri .. “ibarat Padi, Semakin Berisi, semakin Rendah “
• Ucy Dari Dia saya bisa belajar untuk jadi orang yang Polos dan Lugu..dan berkata-kata lembut,
• Wiwi, Sri , Tika ( Mustika ), Sani, Nira dan Emi Wah ..dari mereka ada yang paling bisa saya contoh , yaitu selalu “ Berintrospeksi Diri “ karena mereka selalu memerhatikan dirinya dalam sebuah kaca alias Mrs. Mirror . Cermin itu menunjukkan sebenarnya Siapa diri kita .
• Basri dia adalah Guru saya, mengajarkan bagaimana caranya menjadi Anak yang ” Rajin dan Berbakti kepada Orang Tua “ .
• Yusran , Ipul, Rera, dan Taslim ( The Counstry ) Cuek dan Tak Suka Basa Basi .. Enjoy Your Life . itu yang bisa saya pelajari dari mereka.
• Ismail, Marwah, Yuniaty dan Alif Mereka mengajarkan bagaimana harus menjadi diri sendiri “ jangan mako jadi orang lain “dan kesederhanaan itu penting..
• Rachmayanti Si pemalu dan pipi tembem ini mengajarkan bagamaimana bicara dengan apa adanya
• Yusriani “ meski cengeng dia adalah icon cewek perkasa bertenaga Laki “ .. dia mengajarkan untuk bisa menghargai wanita dan tidak menganggap remeh kaum Hawa
• Thesa Nah, cewek yang gila kodok sama Koreanisme, ssatu mengajarkan “ bagaimana harus Menghadapi Sifat Manja dan Jabe dari seorang Cewek “
• Awal Anak yang pakaballisi’ di kelas ini, tapi harus diakui IQ nya lumayan Tinggi, mengajarkan bagaimana menjadi sosok yang “ Kepabaan ( Dewasa ), Rajin Bertanya dan Manajemen Control “ .
• Aca Dari Bro ini saya belajar tentang Arti perlu Semangat dalam Hidup dan Optimis . secara dia orang yang semangatnya lebih dari Semangat 45.
• Indriansyah dan Rera Ini orang yang mengajarkan ke- GOKILAN dan Petarung yang Berani .
• Ime Cewek yang Bijak rada-rada Galak , dan Emosinya Tergantung Mood, tapi punya Sosok Pemimpin, dari dia saya belajar untuk bisa “ Berfikir Dewasa dan berKomitmen dalam Berucap dan Manajemen Keuangan “..
• Ippank Anak yang 1 ini kadang Melankolis dan Dramatis tidak wajar . tapi darinya ada pelajaran yang begitu baik yaitu “ bagaimana Mempertahankan Pendapat, Kukuh dengan Keyakinan dan Punya Kepekaan Solidaritas “ .
• Irgahana Kalo yang ini saya belajar untuk bersikap Dewasa , Humoris yang kadang-kadang melenceng ke Arah Fulgarnisme yang Kocak , hahahahah…..
• Wandy Dari sekian bnak karekter dia yang paling UNIK , tak pernah Marah, Selalu Tersenyum meskipun dia yang jadi Objek tertawaan ini manusia mungkin banyak Amalnya , Rela Menolong dan Tabah ( Pengamalan Dasa Darma ke 5 ) . itu yang bisa dijadikan Pelajaran yang Bagus .
• Wulan Wanita Feminim dan CVekatan soal “ Perut “ alias Seksi Komsumsi dan “ Manajemen Keuangan “ ..yang bisa saya pelajari dari dia adalah Bertutur Halus dan Control Emotion .
• Zairah Mengajarkan ku bagaimana bersikap Sabar dan Belajar Nilai-nilai Spiritual .
• Nurul Sahabat yang 1 ini mengejarkan tentang bagaimana memposisikan diri , elastis dan Fleksible dengan orang-orang yang ada disekitar sehingga orang merasa bisa nyaman berteman dengan dia, sekaligus Guru untuk bisa jadi Tempat orang Curhat .

“ Cara Pandang Orang berbeda-beda tergantung dari Sudut mana kita Memandangnya dan dalam Posisi mana “. Dan Itulah hal-hal yang bisa saya pelajari dari kalian dan maaf, jika ada yang salah dan Keberatan karena itulah simpulan dari Monitor Mata dan Penilaian saya Individu selama bersama kalian di Keluarga Astaga .

Kamis, 25 Agustus 2011




Catatan Kehidupan ( life Note )
Dimana begitu banyak hal di Dunia yang perlu diketahui, perlu dipahami, dan inilah catatan-catatan kecil yang ku tulis dalam menjalani lembar-lembar kehidupan baik tentang prinsip, cinta, harapan dan cita-cita. . . . . 
Dan catatan-catatan inilah yang menjadi inspirasi dalam mengarungi jalan takdirku . . . . . 
  • 1.       Hidup bukan alasan untuk mati, mati bukan alasan untuk hidup, tapi hidup mati adalah alasan untuk memperjuangkan apa-apa yang perlu diperjuangkan antara garis hidup dan mati
  •  
  • 2.       Perpisahan tak selamanya membawa kesedihan, pertemuan tak selamanya membawa kebahagiaan, tapi dalam setiap perpisahan dan pertemuan selalu  terdapat sebuah kenangan
  •  
  • 3.       Dokumentasi yang terbaik bukanlah sebuah foto , video maupun  rekaman melainkan sebuah kenangan yang ada dalam ingatan
  •  
  • 4.       Kesempurnaan bukan berarti kita dapat mendapatkan segala apa yang ita inginkan , tetapi kesempurnaan adalah mensyukuri segala yang ada dan memanfaatkan apa yang ada disekitar kita 
  •  
  • 5.       Jalan yang berbeda tak berarti tujuan tak sama, dan tujuan yang berbeda bisa dilalui dengan jalan yang sama 
  •  
  • 6.       Waktu akan menggilas semua yang mengikuti geraknya, namun tanpa ada gilasan waktu semua takkan pernah terjadi karena semua membutuhkan waktu . .
  •  
  •  
  •  
  • 7.       Jika kau anggap cinta adalah permainan maka cinta akan mempermainkanmu , jika kau anggpa cinta adalah mata mak suatu saat cinta akan membutrakanmu , apabila kau dapat membeli cinta maka cnta jug adapt menjualmu ,. . tapi jika kau anggap cinta adalah keikhlasan maka cinta akan menerima dan melepaskan mu dengan keikhlasan itu pula . . .
  •  
  • 8.       Hidup itu begitu indah tergantung bagaiman cara kita memaknainya
  •  
  •  
  • 9.       Terkadang Tuhan tak selalu memberikan apa yang kita mau tapi ,  Tuhan akan selalu memberikan apa yang kita butuhkan . .
  •  
  • 10.   Jika kita menginginkan sesuatau yang tak pernah kita dapatkan sebelumnya maka kita harus melakukan sesuatu yang tak pernah kita lakukan sebelunya ,. .
  •  
  • 11.   Jangan pernah melihat sesuatu dari 1 sisi saja krena sitiap sisi mempunyai suatu sudut yang berbeda-beda . .
  •  
  • 12.   Terkadang untuk mendapatan yang terbaik kita harus mengorbankan cita-cita kita, bahkan mimpi kita. .
  •  
  • 13.   Mimpi terkadang membuat kita jauh dari kenyataan, tapi karena mimpi kita menginginkan kenyataan yang lebih indah
  •  
  • 14.   Peraturan dibuat untuk dilanggar , apabila kau ingin mengetahui apakah itu sebauh peraturan atau peringatan Karen sesungguhnya dalam dalam setiap peraturan akan selalu ada sanksi . .
  •  
  •  
  •  
  •  
  • 15.   Kegagalan bukan alasan untuk menyerah, tapi kegagalan adalah alasan untuk bangkit dan terus berjuang . ..
  •  
  • 16.   Semakin banyak yang kau pelajari semakin banyak yang akan kau lupa ,  semakin banyak yang kau pahami semakin banyak yang kau mengerti . .
  •  
  • 17.   Semakin jauh kau membidik maka anak panah yang ertancap akan semakin lemah  . . . semakn tinggi kau memanjat akan semakin sakit apabila terjatuh
  •  
  • 18.   1000  argumen bisa dikalahkan dengan 1 realisasi . . .
  •  
  •  
  • 19.   Tuhan menciptakan kita dengan 2 mata, 2 telinga, 2 tang, 2 kaki , agar kita lebih banyak melihat , mendengar , bekerja, berkarya, dan sedikit bicara. . .
  •  
  • 20.   Buta mata takkan membutakan hati seseorang , tapi sesorang yang buta hati, mata yangn normalpun akan menjadi buta . ..
  •  
  • 21.   Album kehidupan begitu banyak menyimpan dokumentasi waktu dan dokumen itulah yang kelak akan menjadi sebuah kenangan . . .
  •  
  • 22.   Perdamaian takan terwujud dengan balas dendam Karena akan muncul dendam-dendam yang baru . . .
  •  
  • 23.   Kegagalan adalah pembelajaran yang baik dalam mencapai kesuksesan . .
  •  
  • 24.   Lebih baik berdiri di tengah ilalang yang hijau dari pada berdiri di tengah mawar yang berduri . . .
  •  
  •  
  •  
  •  
  • 25.   Sesorang yang mengetahui , belum tentu ia bisa memahami, tetapi seseorang yang bisa memahai pasti ia dapat mengetahui. . .
  •  
  • 26.   Begitu banyak orang dapat BICARA, tapi hanya ada beberapa orang yang bisa menjawab . . .
  •  
  • 27.   Banyak bukan berarti semua , dan semua bukan berarti banyak . .
  •  
  • 28.   Tak semua yang terjadi dapat kita lihat dan tak semua yang kita lihat adalah kebenaran , tapi kebenaran akan memperlihatkan semua yang terjadi.
  •  
  • 29.   Waktu begitu bijak memberikan kita kesempatan , tapi kita sering tidak bijaksana terhadap waktu . . .
  •  
  • 30.   Jangan mengisi harimu dengan tanda tanya ? tapi penuhi hari dengan tanda seru !!
  •  
  • 31.   Keajaiban hanya akan datang jika kau percaya akan keajaiban tersebut
  •  
  • 32.   Jangan pernah merasa memiliki apabila kau tak ingin kehilangan . .
  •  
  • 33.   Tak perlu lari dari skenario tapi jalani skenario tersebut dan yakinlah Naskah Takdir akan membawamu ke Episode yang bahagia untukmu . . 
  •  
  • 34.   Jangan pernah malu untuk mengeakui kesalahan dan kekalahan  . .  Karena itu berarti bahwa kemenanganmu telah diakui . .
  •  
  • 35.   Ombak di laut tidak pernah menentu , kadang pasang , kadang surut  . .  begitu pula kehidupan nyata , kadang senang , kadang susah . .
  •  
  •  
  •  
  •  
  • 36.   . . Air mengalir dari sungai menuju ke lautan  . .  tapi untuk menuju lautan , bikan hanya melalui 1 sungai saja , tapi melalui sungai yang berbeda . .
  •  
  • 37.   Hati merupakan sekretaria dalam tubuh manusia , yang dimediasi oleh tutur dan tindakan  . .  dan hanya orang-orang tertentu yang dapat menyentuh dan mengetahui dalam kesekretariatan dirimu . . .
  •  
  • 38.   Ilmu pengetahuan begitu luas dan dalam dari apa yang kita ketahui , jangan sampai kau tersesat untuk mencariya bdan jangan sampai kau tenggelam untuk menadapatkannya  …
  •  
  • 39.   Malu merupakan sebuah kunci dari setiap tindakan , dan malu juga merupakan sumber kekuatan yang ada dalam diri manusia . .
  •  
  • 40.   Untuk dapat menghilangkan rasa sakitmu , jangan pernah mengingat-ingat lagi lukamu . .
  •  
  • 41.   Melihat kekurangan orang lain begitu mudah , tapi untuk melihat kekurang diri sendiri sangatlah sulit . ..
  •  
  • 42.   . .  sebelum mempin orang lain, pimpinlah dirimu sendiri . .
  •  
  • 43.   Proses menetukan sebuah hasil . .
  •  
  • 44.   Jangan biarkan kau dikejar oleh waktu , tapi biar waktu yang mengejarmu . .
  •  
  • 45.   Kerjakanlah apa yang harus dikerjakan pada hari ini, jangan tunda sampai besok . . kerena esok adalah alasan dari ketidak mampuan dan alsan untuk malas . .
  •  
  •  
  •  
  • 46.   Jangan pernah melupakan masa lalumu meskipun itu sangat menyedihkan karena tanpa masa lalu masa depan takkan pernah ada . .
  •  
  • 47.   Jangan pernah lari dari kenyataan , hadapilah kenyataan tersebut Karena lari tidak dapat menyelesaikan masalah , hanya menunda sebuah penyelesaian . . .
  •  
  • 48.   Tak perlu selalu didepan untuk ingin menjadi yang terbaik . . tak perlu sealu menuntut menjadi pemenang untuk mendapat gelar Juara ..
  •  
  • 49.   Semakin sering seseorang terjatuh, semakin banyak alasan untuk bangkit
  •  
  • 50.   . Hati meupakan sekretariat yang ada pada manusia . . . yang dimediasi oleh tutur dan tindakan . .  dan hanya orang-orang tertentu yang dapat menyentuh dan mengetahui apa yang ada dalam sekretariatmu . .
  •  
  • 51.   Untuk memenangkan hati sesorang , tak perlu harus mengalahkannya , tak perlu harus membuatnya tunduk tak berdaya , bahkan sampai membuat hatinya terluka , tapi cukup membuat hatinya mampu menerima isi hatimu
  •  
  • 52.   “ saat mencoba untuk mengikuti orang lain, janan pernah tinggalkan dan lupakan dirimu sendiri “ ..
  •  
  • 53.   “ Jika kau merubah dirimu untuk dapat di cintai oleh seseorang , sebenarnya bukan kau yang dia cintai tapi orang lain “. . .
  •  
  • 54.   . . . Kita tak lebih sebagai seorang pengembara di dunia yang mencari bekal untuk pulang  .  .
  •  





TUHAN IZINKANLAH . ..



TUHAN IZINKANLAH . ..

Hilang ku tersesat  . .
Menuju jalan yang kelam ..
Mataku buta melihat cahaya yang silau ..
Langkahku kini telah berpaling darimu . .
Batinku  terdampar dalam kabut dunia…
Telingaku tuli mendengar suaramu …
Tanganku kaku meminta pertolonganmu …
Mulutku beku untuk memanggil namamu ,. ..

Kini aku benar-benar tenggelam , terhempas..
Aku terlunta-luna tanpa sentuhanmu . .
Ampunku bersujud padamu , kini ku sadari keangkuhanku
Kini ku akui kebesaranmu . .
Terlalu jauh ku meninggalkanmu..
Terlampau lama ku pergi dari naunganmu . .
Darhku-darahmu, nyawaku-nyawamu, ragaku-ragamu . .

Kau turunkan seorang malaikat , di tengah persimpangan jalanku ..
Yang mengetuk kalbu sanubariku, membuka mataku..
Menuntun langkahku kembali padamu. .
Air matanya menyadarkan arogansiku..
Cintanya membimbingku menuju Cintamu ..
Hidupny merubah hidupku …
Ditandusnya asaku, dikering gersangnya mata hatiku . .
Malaikatmu datang memberikan kesejukan . .

Kehadirannya menjabarkan kekuasaanmu ..
Desah nafasnya menyerukan asmamu . .
Yang terus bertasbih dalam getar nadinya ..
Izinkan aku kembali di Naunganmu Tuhan..
Izinkan malaikat itu menemani sujud kehidupanku ..
Izinkan malaikat itu tinggal di dunia ini lebih lama …
Jika memang kau memanggilnya kembali disisimu .. 
Izinkanlah Tuhan pertemukan aku padanya di Surgamu . . .


2/7/2011



I n s p i r a s i . .




I n s p i r a s i  . .

Sepenggal baitku hilang . .
Saat kau pergi dalam tulisan  . .
Alurku tak menentu  . .
Saat kau pergi dalam pencarian . .
Semua tinggal goresn-goresan tinta tak bernyawa . .
Tak berarti dan tak bermakna  . .
Datanglah mengisi nyawa dalam tulisanku . .
Hingga seakan nyawaku abadi dalam tulisan tentangmu . .

Singgahlah dalam teras baitku menemani  . .
Bait-bait kehidupanku yang kosong ..
Merasuklah dalam penaku , hingga tergores warna
Dalam raga secarik kertas  . .
Bait-baitku  takkan sempurna tanpa kedatanganmu  . .
Tulisanku akan rapuh lapuk tanpa pancaran cahaymu  . .
Datanglah inspirasi merasuk dalam penaku . . .

Kerinduan Langit akan Bumi . .


Kerinduan Langit akan Bumi  . .

Gemercik indah turin  . .
Sang Hujan membasahi relung hati yang gersag . .
Memberikan suara-suara rintihan langit  . . .
Yang merindukan bumi . .

                Sang Hujan datang mewakili segenap rindu yang tak bertepi . . .
                Awan sudah tak bisa lagi membendung  luapan hasrat langit . .
                Guntur menjerti tiada henti  ..
                Kilatpun memberi pesan dalan cahanya . .
                Badai datang menyapu lirih  . .
                Meruntuhkan keheningan senja . . .

Mungkin langit tak bisa lagi menahan gejolak  . .
Bumi yang ia sayangi kini tak lagi memncarkan keindahan …
Kotor dan kusam akan noda , , ,
Tets air mata langit  . .
Setitik demi setitik  . .
Setitik seketika menjadi lautan yang menghanyutkan lara  . . .
Meluapkan rindu dala aliran . .

                Mennggelamkan risau dalam penentiannya , ,
                Bumi pun tak bergeming dan hanya dapat merenung  . .
                Menunggu langit dapat tenang  . .
                Memberikan senyuman seindah pelangi . .

Bumi mngerti tak mungkin Langit urun untuk dapat menjamahnya . .
Langit pun mengerti tak mungkin Bumi naik keatas untuk menyentuhnya , ,
Kerinduan Langit akan Bumi  abadi  . .
Hingga Sangkakala tertiup akan mempertemukan Bumi dan Langit  .
Dalam rindu yang ta berkesudahan . . . 

“ Persepsi Cinta ”


“ Persepsi Cinta ”
 CINTA adalah perasaan kasih sayang yang lebih  ( dalam KBBI )...
Dalam kehidupan sehari-hari apalagi sebagian remaja mendefeiniskan, cinta itu didapatkan apabila dia mempunyai seorang pacar.. !!!  apakah itu pernyataan yang benar ?.
Sesungguhnya manusia tak dapat hidup tanpa cinta ,  karena kita dilahirkan di Dunia ini dengan cinta kedua orang tua kita.. mungkin kita yang salah atau keliru untuk menerjemahkan cintA hingga kita merasa tak punya cinta apabila kita tak mempunyai katakanlah pacar . sebenarnya cinta  itu universal milik semua orang, cinta itu milik  semua individu yang dapat disosialisasikan kepada orang lain. kita hidup berkat cinta kedua orang tua kita,  ada cinta dari seorang sahabat , ada cinta dari saudara, dan tidakkah kita sadar bahwa Tuhan senantiasa memberikan  cinta kepada kita dengan nikmat yang tak terkira ...
Arti cinta tak sebatas diterjemahkan dengan kata-kata indah atau gaya bahasa yang terucap semata tapi juga diaplikasikan dengan tindakan . Namun , ada juga beberapa orang yang tak percaya dengan cinta . katanya persetan dengan cinta, cinta itu buta, dan lain-lain sbagainya. Padahal sebenarnya cinta itu ada disekelilingnya yang mungkin tidak ia sadari. Semua itu mungkin karena pemahaman kita tentang cinta masih kurang tepat . Cinta itu tidak salah tapi , kita yang sering salah mengartikan, menempatkan, dan memperlakukan cinta. Cinta itu tidak persetan , mungkin saat anda mencintai seseorang kita memasukkan setan dalam cinta . sebelum anda mencintai seseorang cintailah dahulu TUHANmu, Rasulmu, orang tua mu, dan cintailah dirimu sendiri . karena dengan begitu kita dapat menjaga cinta yang sebenarnya . terkadang memang ada beberapa orang yang mengatas namakan cinta untuk dapat merusak orang lain, untuk melakukan zina, penipuan, pemerasan , dan lain sebagainya . jika kita dapat memposisikan cinta pada tempatnya, insya allah anda tidak akan keliru dengan cinta.
Berikan kadar  dan ukuran dalam cintamu, kadar cinta terhadap Tuhanmu, kadar cinta terhadap orang tuamu, kadar cinta terhadap saudara dan sahabatmu, dan kadar cinta untuk pasanganmu. Jangan sampai kadar cinta terhadap ciptaan lebih besar dari pada cinta  terhadap sang pencipta .Carilah cinta dari seseorang yang dapat membimbingmu ke arah positif menjaga harkat dan martabatmu sebagai seorang manusia,  cinta yang mampu membimbingmu kepada cinta yang esa . Sosialisasikan cinta anda dengan cara yang tepat hinnga dapat diterima oleh orang lain. Cinta adalah milik semua orang,  terlepas dari cinta itu dapat saling berinteraksi ( saling memberi dan menerima )atau tidak  .
Saya harap dengan adanya tulisan ini, teman-teman / sahabat, saudara, dapat memahami cinta dengan penerjemahan dan defenisi yang tepat. Saya tak bermaksud menggurui anda karena  sesungguhnya kita sama-sama dalam tahap pembelajaran.  Mohon Maaf  mungkin tulisan ini kontroversi dan tak sejalan dengan pemahan bahkan kontra dengan pendapat orang lain, namun saya sangat hargai hal tersebut karena pemahaman dan pemikiran seseorang berbeda-beda .tulisan ini hanya terbuat dari konsep dan versi saya pribadi. semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi diri saya pribadi dan orang lain. Terima kasih atas perhatiannya .
Assalamu alaikum wr. wb.

Catatan Kecil Untuk Kau Sang Egois


Catatan Kecil Untuk Kau Sang Egois

Dunia ini terlalu luas !! untukmu hidup sendiri , kau terlalu Egois… Bukuan Cuma kau yang bisa menangis , bukan Cuma kau yang berhak tertawa.. Kau ingin selalu  terlihat tapi kau tak pernah MELIHAT , kau selalu ingin dirasakan kehadirannya tapi kau tak pernah MERASA .
Bukan Cuma kau yang berada di jalan ini , bukan Cuma nyawamu yang hidup disini .. Tapi masih banyak nyawa-nyawa yang lain. Bahkan ada raga yang ingin nyawanya kembali . . .  Kau berhak bahagia, kau berhak tersenyum , kau layak untuk dicinta … Kau tak sendiri, kau tak perlu lari… Masih ada cinta diSEKELILINGMU, yang tak terjamah olehmu.. Kau masih punya TUHAN, kau masih punya Orang Tua, kau masih punya SAHABAT, dan kau masih punya BAYANGAN yang selalu setia.
Kau punya KENANGAN , kau harus BERJUANG , kau masih punya IMPIAN. Kau terlalu bodoh untuk menangisi hari , kau terlalu munafik untuk lari dari kenyataan, kau terlalu naïf untuk pasrah. Dunia ini bukan Cuma milikmu , rasa itu terlalu berat untuk kau tanggung sendiri, luka itu masih bisa terobati meski akan membekas .. jangan terlelap akan kesunyian , tangis takkan merubah keadaan . Masih banyak kebahagiaan yang menantimu kawan . Sapu air matamu , sambut esokmu, lanjutkan langkahmu, buka matamu dan jemput mimpimu . Balut luka itu biar waktu yang membimbingmu . Biat takdir TUHAN yang MENGEKSEKUSI nyawamu , kau tak berhak jadi HAKIM untuk MEMVONIS dirimu sendiri .. 

Kamis, 23 Juni 2011

Karya Tulis Ilmiah : Persepsi Masyrakan terhadap Kanal Pa`baeng-baeng


BAB I
PENDAHULUAN


A.      Latar Belakang
Manusia tidak dapat bertahan hidup tanpa adanya air karena 70% dari tubuh manusia terdiri dari air. Tidak ada air maka tidak akan ada kehidupan atau dapat dikatakan  without water so we don’t have life. Bayangkan bagaimana hidup ini tanpa adanya air. Akan tetapi kesadaran manusia yang sangat kurang akan kegunaan air yang menyebabkan air ini tercemar.
Dapat kita lihat sendiri di lingkungan sekitar, bukan hanya di daerah kota, di desa pun sendiri dapat mengalami pencemaran air akibat tidak tersedianya tempat pembuangan sampah. Dalam hal ini pemerintah  seharusnya menyediakan tempat pembuangan sampah yang memadai untuk setiap daerah agar tidak terjadi yang namanya pembuangan sampah sembarangan yang dapat menyebabkan pencemaran lingkungan. Telah diketahui bersama bahwa di daerah kota bangunan-bangunan begitu rapat sehingga untuk tempat pembuangan sampah sangatlah terbatas yang membuat masyarakat kota membuang sampah bukan pada tempatnya. Walaupun tempat tersebut terdapat papan peringatan yang melarang untuk membuang sampah pada tempat tersebut.
Di daerah kota terdapat sebuah wadah yang dinamakan kanal. Dimana kanal merupakan sebuah terusan yang menghubungkan dua sungai atau laut yang berfungsi sebagai pencegah banjir. Pada umumnya kanal dikenal dengan suatu wadah yang lekat dengan keindahan dan kejernihan air sehingga menjadi icon kebanggaan kota tersebut. Menanggapi hal di atas dan sesuai dengan UU No. 23 Tahun 1997 Pasal 6 ayat 1 yang berbunyi : ”Setiap orang berkewajiban memelihara kelestarian fungsi lingkungan hidup serta mencegah dan menanggulangi pencemaran dan perusakan lingkungan hidup”
(http://dplhk.makassarkota.go.id/download/regulasi/uu/uu2397/bab3.html)
Akan tetapi pada kenyataannya kanal yang terdapat di Makassar khususnya di daerah Pabaeng-baeng tidak dimanfaatkan sesuai dengan fungsinya. Sehingga air yang terdapat di kanal tersebut tercemar dan akan mengganggu keadaan lingkungan sekitarnya baik itu dari segi keindahan maupun kesehatan.
Berdasarkan uraian di atas maka kami berinisiatif untuk melakukan suatu penetilian yang berjudul Persepsi Masyarakat Terhadap Kebersihan Kanal  Pabaeng-baeng Kota Makassar.

B.       Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang di atas, maka masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah
“Bagaimana persepsi masyarakat terhadap  kebersihan kanal Pabaeng-Baeng kota Makassar?”

C.      Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap kebersihan kanal Pabaeng-Baeng kota Makassar.

D.      Manfaat Penelitian
1.      Teoretis
a.       Sebagai studi literatur mengenai kebersihan kanal di Pabaeng-Baeng kota Makassar

2.      Praktis
a.       Bagi peneliti, menambah pengetahuan mengenai persepsi masyarakat terhadap kebersihan kanal di Pabaeng-Baeng.
b.      Bagi masyarakat, memberikan kesadaran akan pentingnya kebersihan kanal.
c.       Bagi pemerintah, memberikan masukan kepada instansi terkait untuk lebih memperhatikan kebersihan kanal.
d.      Dapat dijadikan sebagai referensi untuk penelitian selanjutnya.


















BAB II
TINJAUAN PUSTAKA


A.      Letak Geografis Kota Makassar
Kota Makassar mempunyai posisi strategis karena berada di persimpangan jalur lalu lintas dari arah selatan dan utara dalam propinsi di Sulawesi, dari wilayah kawasan Barat ke wilayah kawasan Timur Indonesia dan dari wilayah utara ke wilayah selatan Indonesia. Dengan kata lain, wilayah kota Makassar berada koordinat 119 derajat bujur timur dan 5,8 derajat lintang selatan dengan ketinggian yang bervariasi antara 1-25 meter dari permukaan laut. Kota Makassar merupakan daerah pantai yang datar dengan kemiringan 0 - 5 derajat ke arah barat, diapit dua muara sungai yakni sungai.Tallo yang bermuara di bagian utara kota dan sungai Jeneberang yang bermuara di selatan kota. Luas wilayah kota Makassar seluruhnya berjumlah kurang lebih 175,77 Km2 daratan dan termasuk 11 pulau di selat Makassar ditambah luas wilayah perairan kurang lebih 100 Km².
Jumlah kecamatan di kota Makassar sebanyak 14 kecamatan dan memiliki 143 kelurahan. Diantara kecamatan tersebut, ada tujuh kecamatan yang berbatasan dengan pantai yaitu kecamatan Tamalate, Mariso, Wajo, Ujung Tanah, Tallo, Tamalanrea dan Biringkanaya.
Kota Makassar sendiri berdekatan dengan sejumlah kabupaten yakni sebelah utara dengan kabupaten Pangkep, sebelah timur dengan kabupaten Maros, sebelah selatan dengan kabupaten Gowa dan sebelah barat dengan Selat Makassar.



B.     Pengertian Persepsi Masyarakat
Menurut Atkinson (Arham, 2007; 6) persepsi adalah proses dimana kita mengorganisasi dan menafsirkan pada stimulus tertentu dalam lingkungan. Lebih lanjut oleh Sarwono (Arham, 2007; 5) persepsi adalah hasil proses pengindraan manusia terhadap objek yang menghasilkan makna tentang objek tersebut pada diri manusia yang bersangkutan dimana pada akhirnya persepsi tersebut akan menyebabkan timbulnya reaksi. Berdasarkan definisi di atas kami dapat menyimpulkan bahwa persepsi adalah pengamatan tentang objek yang ada di sekitar lingkungan untuk selanjutnya dikaji lebih dalam.
Menurut Jhon J. Macionis (Saptono, 2007 ; 35) masyarakat adalah orang-orang yang berinteraksi dalam sebuah wilayah tertentu dan memiliki budaya bersama. Menurut  (Saptono, 2007 ; 35 ) masyarakat adalah sekelompok individu yang memiliki kepentingan bersama dan memiliki budaya serta lembaga yang khas. Jadi berdasarkan definisi di atas masyarakat adalah sekelompok orang yang bermukim di suatu wilayah tertentu, memiliki budaya, dan tujuan  yang sama.
Menurut Rudiwiarti dan Anugerah (Arham, 2007 ; 7 ) persepsi masyarakat adalah suatu konstruksi yang rumit yang fungsi utama untuk mengorganisir pengetahuan dan kemudian menyediakan fasilitas untuk berkomunikasi, selalu melibatkan aktivitas yang membutuhkan kecerdasan, bukan sekedar mengandalkan kesempurnaan daya reflex saja dan untuk mencari pengertian lebih dalam tentang objek persepsi suatu system yang disebut persepsi.
Dari definisi diatas dapat di simpulkan bahwa persepsi masyarakat adalah suatu pandangan yang dipahami oleh sekelompok orang yang tergabung dalam suatu wilayah.

C.     Kebersihan Lingkungan
Kebersihan adalah keadaan bebas dari kotoran, termasuk diantaranya, debu, sampah dan bau. (www.wikipedia.com). Menurut KBBI kebersihan adalah perihal (keadaan) bersih; kesucian, kemurniaan; ketulenan. Berdasarkan pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa kebersihan adalah suatu keadaan steril yang terbebas dari kotoran dan mencerminkan kesucian dan kemurnian.
Menurut Mustofa (Sukman, 2008 ; 4) lingkungan adalah semua faktor luar, fisik, dan biologis yang secara langsung berpegang terhadap ketahanan hidup, pertumbuhan, perkembangan reproduksi organisme. Lebih lanjut lingkungan adalah keadaan alam tempat masyarakat manusia saling berinteraksi.(Saptono, 2007 ; 3). Berdasarkan pengertian di atas lingkungan adalah suatu tempat dimana masyarakat berkumpul dan berinteraksi satu sama lain.
Kebersihan lingkungan adalah kebersihan tempat tinggal, tempat bekerja dan berbagai sarana umum.(Anonim, 2009, 24 April 2009). Kebersihan lingkungan adalah suatu keadaan dimana lingkungan tersebut layak untuk di tinggali manusia, keadaan kesehatan manusia secara fisik dapat terjaga.(Anonim, 2008, 24 April 2009)

D.    Kanal
Kanal adalah sebuah kata yang penuh imajinasi tentang keindahan dan menjadi icon kebanggaan suatu kota yang airnya jernih, tepi kanal dipenuhi rumput hijau atau bunga-bungaan, ada bangku di bawah pepohonan yang teduh. (Anonim 2006, 23 April 2009). Selain itu, kanal dapat diartikan sebagai terusan yang berfungsi sebagai wadah untuk menyalurkan genangan air atau banjir di suatu wilayah.  
Kanal di Makassar tercemar karena limbah padat dan limbah cair perkotaan (limbah domestik) sehingga sangat sulit membersihkannya. Kalau hanya limbah padat kerahkan puluhan excavator dan truk pengeruk kanal, dalam sehari kanal-kanal kota Makassar akan bersih. Tapi bersihkah kanal dengan mengeruk limbah padatnya? Tidak demikian, karena kanal di kota Makassar adalah terminal akhir seluruh sistem jaringan selokan kota Makassar, meski dikeruk dalam beberapa hari kanal menjadi tercemar lagi karena air selokan yang merupakan air limbah domestik (grey water) dari semua rumah di Makassar tetap masuk ke kanal dan dalam tempo beberapa hari air kanal berangsur lagi ditumbuhi jamur, lumut, sehingga berwarna pekat, berbau, terbentuk lendir, endapan, buih dan sebagainya akibat reaksi fisika-kimia maupun biologis polutan yang ada di dalam air limbah domestik.
 Pasar tradisional di Makassar menjadi penyebab utama bertumpuknya sampah di kanal. Menurut Kadir Halid, rata-rata yang membuang sampahnya di kanal adalah pedagang kaki lima di pinggiran pasar. 
























BAB III
METODE PENELITIAN

A.      Pendekatan dan Jenis Penelitian
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif.

B.       Batasan Istilah
Untuk memperjelas luang lingkup dari penelitian ini maka batasan istilah dalam penelitian ini adalah :  
1.      Persepsi adalah penilaian masyarakat mengenai kebersihan kanal Pabaeng-baeng kota Makassar.
2.      Kebersihan Lingkungan adalah suatu keadaan dimana lingkungan sekitar kanal tersebut layak untuk ditinggali masyarakat, keadaan kesehatan masyarakat secara fisik dapat terjaga.
3.      Kanal dapat diartikan sebagai terusan yang berfungsi sebagai wadah untuk menyalurkan genangan air atau banjir di suatu wilayah.

C.      Deskripsi Lokasi Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan di Kanal Pabaeng-baeng jl. Sultan Alaudin Kec. Tamalate Kotamadya Makassar pada bulan April 2009. Di mana di sekitar kanal tersebut terdapat sebuah pasar tradisional Pabaeng-baeng.

D.       Unit Analisis
Unit analisis pada penelitian ini adalah masyarakat yang bermukim disekitar kanal tersebut.



E.   Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data  yang digunakan pada penelitian ini adalah
1.   Teknik Observasi
Teknik observasi adalah suatu cara pengumpulan data dimana penelliti melakukan pengamatan langsung terhadap objek yang di teliti.
2.      Teknik Wawancara
Teknik ini dilakukan dengan wawancara langsung terhadap masyarakat setempat secara terbuka dengan berdasar pada instrument penelitian.
3.      Teknik Dokumentasi
Teknik ini dilakukan untuk melengkapi data yang diperoleh dengan pengambilan gambar terhadap objek yang diteliti.

F.  Analisis Data
Data dalam penelitian ini di analisis secara deskriptif yang bertujuan untuk memberikan gambaran tentang upaya yang harus di lakukan untuk menghindari pencemaran lingkungan di sekitar kanal sekitar pasar Pabaeng-baeng.













BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.    Hasil Penelitian

Dari penelitian yang dilaksanakan di kanal pabaeng-baeng Jl. Sultan Alaudin Kec. Tamalate Kotamadya Makassar dapat dipaparkan hasilnya sebagai berikut :

1.      Observasi
Pada pengamatan yang dilakukan menuju lokasi penelitian ditinjau dari lokasi  kanal Pabaeng-baeng dimuali dari Auditorium SLB Dg. Tata Raya. Jalan menuju lokasi kanal pabaeng-baeng kondisinya sangat kotor, terdapat banyak sampah yang berserakan di pinggir jalan. Sekitar  jalan terdapat banyak saluran air yang kotor. Setelah mencapai pemukiman masyarakat di sekitar kanal pabaeng-baeng, peneliti menemukan  banyak sampah yang berasal dari rumah warga. Sampah tersebut berasal dari pasar pabaeng-baeng dan sampah dari masyarakat yang melintasi sekitar kanal Pabaeng-baeng.
            Kanal pabaeng-baeng tercemar dengan ribuan sampah anorganik, dan di pinggir kanal Pabaeng-baeng juga terdapat pembatas besi yang rusak, jembatan penghubung yang tak terpelihara dengan baik. Di sekitar kanal juga terdapat pasar yang merupakan sumber sampah untuk kanal tersebut. Terdapat pula papan peraturan pemerintah yang berisi larangan membuang sampah ke kanal yaitu : “Perda No. 14 Tahun 1999 tentang Retribusi Pelayanan Persampahan Pasal 21 Pelanggaran Perda Ini Diancam Kurungan Paling lama 6 Bulan atau Denda Sebesar Rp 5 000 000, 00 (Lima Juta Rupiah), Pemkot Makassar”.
            Kesadaran masyarakat tentang peraturan tersebut masih kurang. Hal ini terbukti bahwa masih banyak sampah yang tertampung di kanal Pabaeng-baeng.
2.      Persepsi Masyarakat tentang Kanal Pabaeng-baeng
Responden yang diperoleh dari wawancara menyatakan pendapat yang berbeda-beda.  Diantaranya, ada masyarakat yang beranggapan bahwa kanal tersebut merupakan saluran pembuangan, selokan besar, tempat sampah, penghambat banjir, bahkan ada masyarakat yang beranggapan bahwa kanal tersebut  merupakan sungai buatan.

3.      Manfaat Kanal di Lingkungan Masyarakat Pabaeng-baeng
                                    Berdasarkan data yang diperoleh  dari responden maka dapat diketahui bahwa kanal Pabaeng-baeng memberikan manfaat sebagai saluran air, tempat nongkrong, tempat memancing, sarana antisipasi banjir dan tempat pembuangan sampah.  

4.      Keadaan Kanal Pabaeng-baeng
            Keadaan kanal Pabaeng-baeng menurut masyarakat sekitar sangatlah kotor, tercemar, menimbulkan bau yang tidak sedap bahkan ada yang menganggap bahwa baunya tidak mengganggu.

5.      Faktor Penghambat Kebersihan Kanal Pabaeng-baeng
            Kurangnya inisiatif masyarakat dalam mengupayakan kebersihan kanal menyebabkan masyarakat menggunakan kanal sebagai tempat pembuangan sampah.

6.      Harapan Masyarakat untuk Kanal Pabaeng-baeng kedepannya
            Adapun harapan masyarakat yaitu :
a.       Diadakannya pembersihan kanal setiap minggu.
b.      Pemberlakuan aturan yang tegas serta adanya pihak pengawas terhadap kebersihan kanal Pabaeng-baeng.
c.       Disediakannya alat yang cukup memadai untuk pembersihan kanal.
7.      Solusi yang Telah Dilakukan Masyarakat dan Pemerintah terhadap pembersihan Kanal Pabaeng-baeng
            Adapun solusi yang telah dilakukan oleh masyarakat dan pemerintah adalah sebagai berikut :
a.       Program Pemerintah yang menggerakkan pasukan ABRI atau ARMET untuk melakukan pembersihan kanal pabaeng-baeng selama 3 hari berturut-turut.
b.      Pihak kelurahan telah melakukan program kerja bakti untuk pembersihan kanal pabaeng-baeng selama sekali seminggu. 
B.  Pembahasan
Kanal Pabaeng-baeng sebenarnya sangat bermafaat untuk masyarakat di sekitar lingkungan kanal tersebut namun, kurangnya kesadaran masyarakat akan pengertian dan fungsi kanal yang sebenarnya. Misalnya pelajar, saat ditemui sedang beristirahat di rumahnya, ia menjawab pertanyaan peneliti dengan menitik beratkan  pembersihan kanal Pabaeng-baeng, yang ada disekitar pemukiman warga.
“Setahu saya kanal itu adalah tempat pembuangan sampah (Pelajar)”. Hal ini membuktikan bahwa kurangnya pengetahuan masyarakat tentang pentingnya kanal Pabaeng-baeng sebagai salah satu solusi untuk mengantisipasi datangnya banjir.
Dari hasil penelitian yang peneliti dilakukan melalui wawancara dengan masyarakat daerah sekitar kanal Pabaeng-baeng, peneliti dapat menyimpulkan bahwa kanal Pabaeng-baeng banyak digunakan masyarakat untuk tempat membuang sampah.Adanya pasar disekitar kanal Pabaeng-baeng memperparah buruknya kebersihan kanal. Kebanyakan dari mereka pada umumnya menjadikan kanal Pabaeng-baeng sebagai alternatif pembuangan sampah. Yang menarik adalah jembatan dikanal Pabaeng-baeng, terdapat peraturan larangan untuk membuang sampah di kanal Pabaeng-baeng dan bahkan dikenakan sanksi bagi yang membuang sampah sembarangan. Namun faktanya keadaan kanal pa’baeng-baeng sangat kotor. Seakan-akan masrarakat hanya sekedar melihat saja papan pengumuman tersebut tanpa mencoba untuk mematuhi dan menerapkannya.
Saat ditemui dirumahnya kebanyakan penduduk berpendapat bahwa dengan adanya kanal Pabaeng-baeng, tidak terjadi lagi banjir di lingkungan masyarakat Pabaeng-baeng dan mereka mengharapkan agar kanal tersebut dapat berfungsi dengan efektif baik dengan adanya tindakan atau peran masyarakat dan pemerintah agar kanal pa’baeng-baeng dapat berfungsi dengan efektif. Karena selama ini belum ada yang menaruh perhatian lebih terhadap kanal tersebut. Kurangnya pemahaman tentang kebersihan lingkungan kanal pa’baeng-baeng membuat keadaan kanal sangat buruk dan tak terpelihara dengan baik. Masyarakat juga mengharapkan kebersihan kanal Pabaeng-baeng dapat terjaga, dan masyarakat juga berharap kepada para pemerintah untuk mengefektifkan peraturan larangan pembuangan sampah dikanal dengan tegas. Pergerakan dan perbaikan kanal Pabaeng-baeng juga perlu dilkukan agar masyarakat tidak resah ketika datangnya musim penghujan dan bau yang tak sedap dari kanal tersebut
Adapun solusi yang dilakukan pemerintah dan masyarakat yaitu adanya peraturan pelarangan pembuangan sampah pada kanal, dan adanya pengarahan ARMED / ABRI untuk kerja bakti yang dilakukan sekali sebulan dan masyarakat sekitar untuk kerja bakti membersihkan kanal sekali seminggu serta pengadaan truk sampah oleh Dinas Kebersihan. Kesadaran masyarakat itu sendiri juga menetukan kebersihan kanal yang ada di sekitar lingkungan .







BAB V
PENUTUP
A.    Simpulan
Berdasarkan pembahasan maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa masyarakat di sekitar Pabaeng-baeng menganggap kanal adalah tempat pembuangan sampah, hal ini terjadi karena kurangnya kesadaran masyarakat mengenai kebersihan lingkungan dan fungsi kanal itu sendiri. Oleh karena itu masyarakat setempat mengharapkan perhatian lebih dari pemerintah untuk mempertegas aturan yang telah ditetapkan dan adanya kegiatan kerja bakti pembersihan kanal secara rutin.

B.     Saran
Dalam penelitian ini kami menyarankan kepada:
1.      Pemerintah setempat, agar lebih mempertegas peraturan yang telah ditetapkan tentang larangan pembuangan sampah di sekitar kanal Pabaeng-baeng.
2.      Masyarakat sebaiknya menjaga kebersihan serta keindahan sekitar kanal Pabaeng-baeng.
3.      Peneliti selanjutnya agar lebih melengkapi referensi yang relevan dan mengkaji masalah persepsi masyarakat tentang kebersihan kanal Pabaeng-baeng lebih dalam.







DAFTAR PUSTAKA

Anonim. 2006. Katakan; Tidak Ada Kanal di Makassar. http://www.fajar.co.id, diakses 23 April 2009.
 Anonim. 2009. Definisi Kebersihan, diakses 24 April 2009
Rahman, Arham, dkk. 2007. Persepsi Masyarakat Terhadap Implementasi Pemekaran Sinjai Barat dalam Pembangunan di Kelurahan Pasir Putih Kecamatan Sinjai Borong Kabupaten Sinjai. Karya Tulis Ilmiah.
Saptono & Bambang Suteng S. 2007. Sosiologi ( Jilid 1 ), PT. Phibeta Aneka Gama: Jakarta.

Sukman. 2008