Blogger news

Minggu, 29 Januari 2012

SISTEM PERHITUNGAN BERDASARKAN PESANAN ( JOB ORDER COSTING )


MUH. FACHRUDDIN / 023 2010 0316 / AL1 /  FAKULTAS EKONOMI / AKUNTANSI 2011
SISTEM PERHITUNGAN BERDASARKAN PESANAN ( JOB ORDER COSTING )
Dalam sistem perhitungan biaya berdasarkan pesana ( job order costing atau job costing ), biaya produksi dikumulasikan untuk setiap pesanan ( job ) yang terpisah . Suatu pesanan adalah output yang diidentifikasikan untuk memenuhi pesanan pelanggan tertentu atau untuk mengisi kembali suatu item persediaan. Hal ini berbeda dengan sistem perhitungan biaya berdasarkan proses , di mana biaya diakumulasikan untuk suatu operasi atau subdivisi dari perusahaan , seperti departemen.
Akunansi untuk bahan baku
Akun persediaan di buku besar untuk perlengkapan, bahan baku langsung ,dan bahan baku tidak langsung bisa saja terpsah. Praktik yang umum adalah menggunakan suatu akun buku besar berjudul Bahan Baku.
Pembelian bahan baku
Akuntansi biaya untuk pembelian bahan baku adalah sama dengan akuntansi untuk bahan baku menggunakan sistem persediaan perpetual. Saat bahan baku diterima, aku bahan baku didebit ( sedangkan pada sitem persediaan periodic, yang didebit adalah akun pembelian ) .
Penggunaan bahan baku
Bahan baku langsung untuk suatu pesanan diekluarkan ke pabrik berdasarkan bukti permintaan bahan baku ( materials requisitions ) . dokumen ini dibuat oleh petugas yang menyusun jadwal produksi atau personel lain dan berisi spesifikasi mengenai nomor pesanan , tipe, serta jumlah bahan baku yang diperlukan. Rincian dari biaya overhead juga diposting ke akun buku pembantu overhead , yang bisa berupa kertas kerja yang disebut Kertas kerja analisis overhead pabrik ( factory overhead analysis sheet )
Akuntansi untuk tenaga kerja
Untuk mengindentifikasikan biaya tenaga kerja langsung dan tidak langsung , setiap karyawan membuat satu atau lebih Kartu jam kerja karyawan setiap Hari. Kartu jam kerja biasanya dihitung biayanya dan diikhtisarkan secara periodik , dan jumlah kerja setiap karyawan yang tertera di kartu jam kerja dicocokkan dengan jumlah kerja menurut kartu absen .
Akuntansi untuk biaya overhead pabrik
Overhead pabrik terdiri atas semua biaya yang tidak dapat ditelusuri langsung ke pesanan tapi terjadi dalam proses produksi ( di luar pemasaran dan administrasi ).  Biaya overhead aktual , seperti bahan baku tidak langsung dan tenaga kerja tidak langsung , dicatat pada saat terjadinya atau melalui ayat jurnal periodik . Dasar alokasi overhead ( overhead allocation base ) , dasar alokasi yang dipilih sebaiknya merupakan aktivitas yang paling berkaitan dengan biaya yang dialokasikan : yaitu aktivitas yang tampaknya paling memicu terjadinya overhead .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar