Blogger news

Senin, 17 Februari 2014

Contoh : LAPORAN KERJA AKHIR KKN PPMD ANGKATAN II TAHUN 2013




BAB I
PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
Kegiatan Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) merupakan salah satu bentuk kegiatan yang memadukan  pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat sekaligus suatu kegiatan yang dalam proses penyelenggaraannya memerlukan landasan idil yang secara filosofis akan memberikan gambaran serta pengertian yang utuh tentang apa, dan bagaimana KKN diselenggarakan, karena KKN adalah bagian integral dari prose belajar yang mempunyai ciri-ciri khusus, KKN juga merupakan pengalaman ilmu yang dapat menuntun mahasiswa kepada pola pikir inter-disiplin dan konprehensif yang dikembangkan melalui pelaksanaan KKN dilandasi oleh kenyataan, bahwa hampir setiap masalah kehidupan dalam masyarakat selalu memiliki kaitan satu dengan yang lain dan bersifat kompleks.
Pelaksanaan KKN bertujuan untuk memberikan pembelajaran nyata kepada mahasiswa untuk berada di tengah-tengah masyarakat. Selama pelaksanaan KKN mahasiswa dituntut untuk mampu mengamati, menelaah, menganalisis, merumuskan permasalahan yang dihadapi dan menarik kesimpulan lalu mengambil suatu keputusan strategis untuk pemecahan masalah dari berbagai alternativ yang ada dari data kondisi serta situasi suatu wilayah lokasi KKN.Mahasiswa juga diharapakan mampu mengamalkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang dikuasainya secara ilmiah, melembaga, dan langsung kepada masyarakat sehingga mereka dapat menikmati mamfaat ilmu pengetahuan, teknologi dan seni ( IPTEKS).
Kehadiran Mahasiswa KKN PPMD UMI ANGK.II Tahun 2013 dari berbagai disiplin ilmu dilokasi tersebut, diharapkan mampu berperan sebagai motivator dalam melakukan pemberdayaan potensi yang ada, dalam rangka memacu pembangunan di pedesaan.
Penyusunan suatu program kerja didasarkan atas pertimbangan berbagai aspek antara lain : berdasarkan kebutuhan masyarakat yang dianggap penting dan mendesak ketersediaan sarana dan prasarana yang dapat mendukung pelaksanaan program kerja, ketersediaan sumberdaya alam (SDA) dan sumberdaya manusia      ( SDM).
B.     Maksud dan Tujuan
                  Maksud kegiatan ini yaitu untuk memajukan  dan meningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan nasional secara umum dan pembangunan daerah secara khusus serta mengaplikasikan disiplin ilmu yang telah diperoleh di perguruan tinggi dengan tujuan untuk memberikan sumbangsih nyata kepada masyarakat agar lebih mandiri.
                  Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) yang dilaksanakan selama 40 hari mempunyai tujuan antara lain :
  1. Sebagai perwujudan dari Tridarma dari Perguruan Tinggi yaitu perpaduan antara pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat.
  2. Sebagai sarana bagi Mahasiswa dalam mengembangkan dan menerapakan ilmu yang didapat selama di bangku perkuliahan.
  3. Sebagai sarana Mahasiswa untuk membandingkan antara fungsi teori dangan kenyataan yang ada dalam kehidupan masyarakat sosial.
  4. Agar Mahasiswa dapat mengembangkan pola pikir dan kreaktifitasnya dalam mengembangkan teori dan melakukan analisa serta pengambilan keputusan pada kenyataan sebenarnya.
  5. Untuk memperluas dan memperdalam pengetahuan serta pemahaman penulis tentang praktek dalam kehidupan sosial kemasyarakatan.



BAB II
GAMBARAN UMUM DESA PUNAGAYA
A.     Visi dan Misi
Rencana  Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) disusun dalam kurun waktu 5 tahunan. Untuk desa Punagaya Visi Misi pembangunan lima tahunana seperti yang termuat dalam dokumen RPJMDes ini  bermula dari tahun 2011 sampai tahun 2015. Perencannaan lima tahunan tersebut, yang akan diselenggarakan dalam kurun lima tahun tersebut kemudian di susun menjadi Visi Misi pembangunan  lima tahunan desa Punagaya. Visi Misi disusun berdasarkan rumusan  tantangangan dan potensi desa. Berikut adalah Visi Misi pembangunan lima tahunan desa Punagaya :
VISI MISI PEMBANGUNAN DESA PUNAGAYA 2011-2015
Lima tahun ke depan, Desa Punagaya akan menjadi desa yang mampu mememuhi hak-hak pelayanan dasar kepada warga terkait dengan administrasi kependudukan, dan pelayanan dasar dalam standar pelayanan pemerintah desa kepada warga secara adil dan merata.
Pemerintah Desa dan warga bersungguh-sungguh menjaga kelestarian lingkungan dan menjadi motor penggerak dalam pelestarian lingkungan serta menjaga asset-asset pembangunan dan pemerintah secara partisipatif, berkelanjutan dan dikuatkan dalam bentuk peraturan desa yang mengikat. Sehingga alam beserta  asset-asset pembangunan lainnya bisa maksimal dan dapat dimanfaatkan oleh warga.
Pengembangan sektor ekonomi berfokus pada upaya peningkatan bidang perkebunan jagung kuning, bidang kelautan dan perikanan ditujukan pada pengembangan maksimal rumput laut dan tambak, serta tambak garam rakyat.
Seiring dengan meningkatnya ekonomi masyarakat, maka pendapatan masyarakat semakin meningkat serta ditunjang dengan keberpihakan Pemerintah Desa dalam melindungi hak-hak warga secara berkelanjutan dengan ditunjang dengan peningkatan kapasitas aparatur pemerintah yang mampu melahirkan regulasi-regulasi yang berpihak serta melindungi kepentingan masyarakat.
Upaya peningkatan sektor keagamaan dan sosial ditujukan pada peningkatan  kehidupan keagamaan sejak anak usia dini melalui pembinaan di masjid-masjid dan lingkungan keluarga. Seiring dengan hak tersebut, peningkatan sektor kesehatan berfokus pada penyediaan air bersih dan lingkungan sehat.  Sehingga membentuk karakter masyarakat Punagaya yang sehat, bermartabat serta sejahtera lahir dan batin.

B.     Kondisi Geografis
                        Desa Punagaya terletak di tepi pantai selatan Kabupaten Jeneponto. Desa Punagaya tepat berhadapan dengan laut Flores yang merupakan wilayah perairan yang dilewati kapal-kapal niaga dan kapal-kapal besar.karena letakya yang strategis tersebut, desa ini telah dibangun satu pelabuhan besar yang mampu mendukung pasokan batubara untuk perusahaan listrik negara yang pada tahun 2011 nanti akan beroperasi.

Secara Administratif, Desa Punagaya berbatasan dengan:
            Sebelah Utara               : Dengan Jalan poros Makassar Bulukumba
            Sebelah Selatan            : Dengan Laut Flores
            Sebelah Timur              : Laut Flores
            Sebelah Barat               : Desa Mallasoro.        
Wilayah Desa Punagaya secara admiistratif terdiri ata 6 dusun yakni: Dusun Baji Pamai, Balang Toddo, Bonto Mate’ne, Dusun Bungung Labuang, Dusun Kawaka, dan Dusun Biringkassi

C.     Topografi
         Desa Punagaya merupakan daerah dataran pesisir pantai, kira-kira berada diketinggian 0-25 meter dari permukaan laut. Luas daerah perkebunan sekitar ± 150 ha dan luas daerah garam  ± 100 ha. Luas desa seluruhnya ± 12 km². Dengan perbedaan titik ketinggian tersebut maka terdapt variai tataguna lahan pada kawasan dengan titik ketinggian 0-10 m varian tanaman yang ditanam oleh warga adalah kelapa dalam dan juga lahan-lahan garam. Pada titik ketinggian 15-25 m, warga mengusahakan tanaman jagung kuning,lombok,bawang merah dsb. Dampak negatif dari titik ketinggian tersebut juga berpengaruh pada tingkat kepayauan air.  Daera-daerah di sektiar pantai, tingkat kepayauan air cukup tinggi, namun dapat dinetralisir dengan masih banyaknya akar pohon kelapa yang dapat mereduksi kepayauan tersebut, meskipn air akan berwarna agak kemerah-merahan. Namun secara umum, berkat jaringan perpipaan, keberadaan air bersih tidak menjadi persoalan utama di masing-masin dusun kecuali pada 2 dusun Baji Pamai dan dusun Biring Kassi yang sumur-sumurnya menjadi kering pada musim kemarau yang panjang.
D.    Kondisi Demografis
Jumlah penduduk Desa Punagaya Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto sebanyak + 4.594  jiwa dengan jumlah Kepala Keluarga 1.182 KK .



atau untuk lebih  lengkap silahkan ini Linknya:
https://docs.google.com/file/d/0B1gPO117OEKldEtRUE5SdWQ1ZmM/edit


Tidak ada komentar:

Posting Komentar