Blogger news

Kamis, 23 Juni 2011

MANAJEMEN, MANAJER DAN MASYARAKAT


MANAJEMEN, MANAJER DAN MASYARAKAT

1.            Pengertian manajemen dan Manajer
Manajer adalah individu yang bertanggung jawab secara langsung untuk memastikan kegiatan dalam sebuah organisasi dijalankan bersama para anggota dari organisasi.
2.            Tingkatan Manajemen
Tingkatan manajemen dalam organisasi akan membagi manajer menjadi tiga golongan yang berbeda :
1. Manajer Lini Pertama. Tingkatan paling rendah dalam suatu organisasi yang memimpin dan mengawasi tenaga-tenaga operasional, disebut manajemen lini / garis pertama (first line atau first level).
2. Manajer Menengah. Para manajer menengah membawahi dan mengarahkan kegiatan-kegiatan para manajer lainnya dan kadang-kadang juga karyawan operasional.
3. Manajer Puncak. Klasifikasi manajer tertinggi dari kelompok kecil eksekutif. Manajemen puncak bertanggung jawab atas keseluruhan manajemen organisasi.
3.   Fungsi-fungsi yang dilaksanakan Manajer
Salah satu klasifikasi paling awal dari fungsi-fungsi manajerial dibuat oleh Henri Fayol, yang menyatakan bahwa:
Perencanaan (planning)
Perencanaan adalah pemilihan dan penetapan tujuan-tujuan organisasi dan penentuan strategi, kebijaksanaan, proyek, program, prosedur, metoda, system, anggaran dan standar yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan. Pembuatan keputusan banyak terlibat dalam fungsi ini. 
Pengorganisasian (organizing)
Pengorganisasian adalah penentuan sumberdaya-sumberdaya dan kegiatan-kegiatan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasi, perancangan dan pengembangan suatu organisasi atau kelompok kerja yang akan dapat membawa hal-hal tersebut ke arah tujuan, penugasan tanggung jawab tertentu dan kemudian pendelegasian wewenang yang diperlukan kepada individu-individu untuk melaksanakan tugas-tugasnya.
Penyusunan Personalia (staffing)
Penyusunan Personalia adalah penarikan (recruitment), latihan dan pengembangan, serta penempatan dan pemberian orientasi para karyawan dalam lingkungan kerja yang menguntungkan dan produktif.
Pengarahan (leading)
Pengarahan adalah membuat para karyawan melakukan apa yang diinginkan dan harus mereka lakukan. Fungsi ini melibatkan gaya, kualitas, dan kekuasaan pemimpin serta kegiatan-kegiatan kepemimpinan seperti komunikasi, motivasi dan disiplin.
 Pengawasan (controlling)
Pengawasan adalah penemuan dan penerapan cara dan peralatan untuk menjamin bahwa rencana telah dilaksanakan sesuai dengan yang ditetapkan.
4.            Kegiatan- kegiatan manajer
 Kegiatan manajer adalah membuat rencana, mengorganisasikan, mengarahkan dan mengawasi kegiatan-kegiatan organisasi. Berikut ini akan diuraikan secara terperinci apa tugas-tugas penting yang dilaksanakan manajer :
1. Manajer bekerja dengan dan melalui orang lain
2. Manajer memadukan dan meyeimbangkan tujuan-tujuan yang saling bertentangan dan menetapkan prioritas-prioritas
3. Manajer bertanggung jawab dan mermpertanggung jawabkan
4. Manajer harus berfikir secara analistis dan konseptual
5. Manajer adalah seorang mediator, politisi, dan diplomat
6. Manajer mengambil keputusan-keputusan sulit
5.  Keterampilan-keterampilan Manajer
1. Ketrampilan Konseptual adalah kemampuan mental untuk mengkoordinasikan dan mengintegrasikan seluruh kepentingan dan kegiatan organisasi.
2. Ketrampilan kemanusiaan adalah kemampuan untuk bekerja dengan, memahami, dan memotivasi orang lain, baik sebagai individu ataupun kelompok.
3. Ketrampilan administrative adalah seluruh ketrampilan yang berkaitan dengan perencanaan, pengorganisasian, penyusunan kepegawaian, dan pengawasan.
4. Ketrampilan teknik adalah kemampuan untuk menggunakan peralatan-peralatan, prosedur , atau teknik-teknik dari suatu bidang tertentu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar