Akuntansi Manajemen
BAB I
PENDAHULUAN
Untuk mengoperasikan sebuah organisasi yang
kompleks (besar dan rumit) dengan efisien dan efektif, manajemen membutuhkan
informasi terinci tentang operasi perusahaan. Seperti berapa jumlah bahan yang
harus disediakan, darimana bahan diperoleh, berapa jumlah peralatan yang
terpakai, berapa karyawan yang layak diperkerjakan dll.
Semua persoalan tersebut akan bisa diatasi
oleh manajemen apabila manajemen memperoleh informasi yang tepat untuk
digunakan sebagai dasar kebijakannya. Artinya manajemen harus memperoleh
informasi tentang masukan dan keluaran operasi atau perusahaan untuk dasar
operasinya. Tanpa informasi tentang masukan dan keluaran, maka tidak mungkin
manajemen dapat mengambil keputusan dengan tepat.
Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan system
informasi yang memadai. Yaitu system informasi untuk perencanaan, pengelolaan,
pengendalian dan pengambilan keputusan. System informasi yang berhubungan
dengan masalah akuntansi atau keuangan merupakan tugas dan tanggung jawab dari akuntan
manajemen, dan system informasi yang berhubungan dengan akuntansi tersebut
disebut Akuntansi Manajemen. (Machfoedz, Mas’ud,
Akuntansi Manajemen, 2002)
Informasi manajemen merupakan mesin
yang membuat manajer barjalan. Dalam ketiadaan aliran informasi yang kontinu, manajemen akan
menjadi tidak berdaya melakukan sesuatu. Informasi akuntansi adalah salah
satunya yang juga masih tergantung pada pakar bidan lainnya dalam menyediakan
sebagian kebutuhan informasi pendukung.Ahli ekonomi,ahli pemasaran, ahli perilaku
organisasi,dan lain-lainnya, dapat memberikan informasi kepada manajemen atau
mengemukakan saran atas berbagai tahap aktivitas organisasi.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
SISTEM
INFORMASI AKUNTANSI MANAJEMEN
Sistem Informasi Akuntansi manajemen adalah sistem informasi yang
menghasilkan keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input)
dan berbagai proses yang diperlukan untuk memenuhi tujuan tertentu manajemen.
Proses dapat dideskripsikan melalui berbagai kegiatan seperti pengumpulan,
pengukuran, penyimpanan, analisis, pelaporan, dan pengelolaan informasi.
Keluaran mencakup laporan khusus, harga pokok produk, biaya pelanggan,
anggaran, laporan kinerja, dan komunikasi personal.
lengkapnya klik..
http://adf.ly/kTqjM
tanks referensinya
BalasHapussangat membantu